Pemberian Obat Cacing di Sekolah

Assalamu'alaikum


Hai semuanya !!!

Mom,  apakah sudah memberikan obat cacing untuk putra dan putri kita?
Kalau yang menjawab sudah "oke mom, Good Job"
Kalau yang menjawab belum,, hm yuuk mom  kita berikan obat cacing untuk anak kita dua kali dalam setahun ya mom.

Nah  pada hari ini, tepatnya pada tanggal 26 Oktober 2017, ada momen spesial disekolah tempat saya mengajar.

Wah moment apa tuh?

Yups..pada hari ini, para petugas kesehatan akan melakukan pemberian obat cacing untuk peserta didik di sekolah kami.

Ko bisa sih dianggap moment spesial?

 Yups..karena selama saya menempuh pendidikan di sekolah dasar, menengah bahkan tingkat atas rasanya tidak pernah mengalami  pemberian obat cacing di sekolah.
Seingat saya, waktu saya kecil, mamah saya lah yang sering memberikan obat cacing untuk saya.
Jadi ketika tahu ada program pemberian obat cacing di sekolah, rasanya bahagia sekali, dan itu alasan saya kenapa menganggap kegiatan ini sebagai momen spesial.

Baca juga : Hari pertama masuk sekolah

Seminggu sebelumnya petugas dari PUSKESMAS memberitahukan kepada sekolah kami bahwa sekolah kami kebagian jadwal pemberian obat cacing pada tanggal 26 Oktober2017. Dan memberikan arahan bahwa sebelum dilakukan pemberian obat cacing, para peserta didik diusahakan untuk tidak sarapan terlebih dahulu dari rumahnya.

Oke, jadi kami memberitahukan kepada para peserta didik sesuai instruksi tadi dan jadi sarapannya dibekal ke sekolah saja.

Apa itu cacingan?

Cacingan adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada anak-anak bahkan orang dewasa. Biasanya cacingan terjadi karena cacing parasit masuk  dan hidup di dalam tubuh, kemudian berkembangbiak dan mengambil nutrisi dari tubuh tempat  dia berada.
Jadi ketika anak mengalami cacingan, maka dapat dipastikan anak akan mengalami kekurangan nutrisi bahkan bisa disebut gizi buruk sehingga pertumbuhan dan kemampuan kognitif anak menjadi terganggu.

Apa gejala cacingan pada anak?

Gejala cacingan pada anak memang tidak terlalu signifikan ya mom, biasanya hanya ditandai dengan sakit perut, nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, gatal-gatal, anemia, bahkan yang lebih parah bisa sampai muntah, diare dan tinja berdarah.

Faktor penyebab cacingan

  • Kondisi lingkungan tempat tinggal yang kumuh
  • Makan di tempat yang kotor
  • Jarang menggunakan alas kaki ketika bepergian
  • Tidak mencuci tangan menggunakan sabun setelah memegang benda yang kotor
  • Dan masih banyak yang lainnya yang mencerminkan pola hidup yang kotor
Momen spesial itu sedikit mengecewakan


Lah ko bisa sih "sedikit mengecewakan"?? Why??

Hallo mom, kegiatan pemberian obat cacing di sekolah pada pagi tadi sedikit mengecewakan ya karena...
Ketika saya masuk ke kelas untuk menenangkan anak-anak, saya memberikan sugesti kepada mereka bahwa obat cacing itu sangat penting untuk seusia mereka.
Kemudian saya bertanya, kalian belum sarapan kan dari rumah?
Ternyata mom, ada beberapa anak yang sudah sarapan terlebih dahulu di rumahnya.
Oke lah aku paham mungkin orangtua mereka khawatir kalau anaknya belum dikasih sarapan.

Tapi ternyata usut punya usut orangtua mereka memberikan sarapan kepada anaknya itu karena ada salah satu wali murid yang menyebarkan bahwa informasi dari ibu guru tentang tidak boleh sarapan sebelum diberikan obat cacing itu salah.
Lah salah dari mana Bu?? Orang aku dengerin langsung dari petugas PUSKESMAS nya jangan dikasih sarapan dulu.
Ketika mendengar cerita itu, seketika hancurlah hati saya mom.
Berarti kita sebagai guru dianggap bohong dong.
Hhmmm..sabar..sabar๐Ÿ˜ญ

Ya aku ngerasa kecewa aja ya mom, karena kalau dikasih sarapan dulu berarti nanti obat cacing nya tidak bekerja efektif dong..hadeuhh
Gak usah dikasih obat cacing aja atuh lah..

Dan benar saja mom, ketika petugas dari PUSKESMAS nya datang, merekabertanya kepada anak² tentang sarapan pagi itu. Untuk meyakinkan belum ada anak yang dikasih sarapan terlebih dahulu dari rumahnya. Dan benar saja ketika ada yang menjawab sudah sarapan, bapak petugas pun langsung berkata, kalau sudah sarapan dulu nanti cacingnya gak mati dong.

Tuh kan mom, aku jadi malu, seolah-olah aku tidak memberitahukan agar tidak sarapan dulu kepada anak².
Ya sudahlah yang penting untuk saat ini anak² diberikan obat cacing terlebih dahulu.

Acara kegiatan pemberian obat cacing  pagi tadi lhamdulillah berjalan lancar, terlebih anak kelas yang aku pegang semuanya tidak ada yang protes, tidak ada yang menangis ketika minum obat cacing.

Obat cacing yang diberikan di sekolah berbentuk tablet kunyah dengan perasa jeruk, sehingga anak-anak tidak merasa kaget namun ada beberapa anak yang mengalami rasa mual sesudah meminum obat cacing tersebut ya mungkin karena anak tersebut dari rumahnya sudah sarapan terlebih dahulu, makanya petugas kesehatan menyarankan agar jangan dulu sarapan supaya rasa mual yang ditimbulkan setelah minum obat cacing tidak menyebabkan sarapannya termuntahkan.

Oke mom, mungkin cerita kegiatan pagi tadi di sekolah segitu dulu ya.
Semoga ketika momen minum obat cacing yang selanjutnya yaitu 6 bulan yang akan datang tidak ada anak yang sarapan terlebih dahulu.

Boleh dong mom, ceritain juga pengalamannya ketika memberikan obat cacing untuk anaknya.

See you soon ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
 Wassalamu'alaikumBaca juga : Hari pertama masuk sekolahBaca juga : Hari pertama masuk sekolah

Komentar